Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Si Kecil Malas Makan? Yuk Cari Tahu Faktor Penyebabnya!

Sebagai seorang ibu, Anda pasti pernah merasa khawatir ketika si kecil tidak mau makan atau malas makan. Kebiasaan ini bisa membuat kita bingung dan stres, terutama jika berat badan anak berada di bawah rata-rata. 

si kecil malas makan
shutterstock.com

Tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik, malas makan juga bisa mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan anak malas makan dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Cara mengatasinya pun beragam, mulai dari mencari tahu makanan favorit anak, mengajak anak memasak, hingga memberikan si kecil tambahan asupan seperti Susu Pertumbuhan Morinaga Chil*Go! 1+. 

Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Apa Saja Faktor yang Membuat Anak Malas Makan?

Saat si kecil malas makan, ada banyak faktor yang membuatnya merasa tidak ingin untuk makan. Hal ini tentu membuat orang tua bingung dan mencari tahu alasannya.

1. Perubahan Mood atau Emosi

Anak-anak memiliki mood yang berubah-ubah, dan ini bisa mempengaruhi nafsu makan mereka. Misalnya, saat anak merasa sedih, marah, atau lelah, mereka mungkin cenderung tidak mau makan.

Terkadang, anak juga bisa malas makan karena merasa tertekan oleh suasana makan yang tidak nyaman atau terlalu ramai. Oleh karenanya jaga mood atau emosi anak dengan baik.

2. Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur bisa membuat anak kehilangan nafsu makan. Misalnya, jika anak sering diberi camilan di antara waktu makan, mereka bisa jadi kenyang saat waktu makan tiba. 

Kebiasaan ini bisa membuat anak terbiasa dengan pola makan yang tidak sehat dan kurang teratur. Dan pada akhirnya mereka cenderung malas makan saat waktu makan utama.

3. Masalah Kesehatan atau Pencernaan

Beberapa anak mungkin mengalami masalah kesehatan yang menyebabkan mereka malas makan. Misalnya, gangguan pencernaan, seperti sembelit atau refluks asam, bisa membuat anak merasa tidak nyaman atau sakit saat makan. 

Infeksi atau penyakit tertentu juga bisa menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Kondisi ini tentu akan membuat perut terasa tidak nyaman.

4. Rasa atau Tekstur Makanan yang Tidak Disukai

Anak-anak umumnya memiliki preferensi rasa dan tekstur makanan yang kuat. Jika mereka tidak menyukai rasa atau tekstur dari makanan yang disajikan, mereka cenderung malas makan. 

Misalnya, beberapa anak tidak suka sayuran karena rasanya pahit atau teksturnya yang keras. Menjadi penting kemudian untuk mengetahui teknik memasak yang tepat.

5. Terlalu Banyak Pilihan atau Terlalu Sedikit Variasi

Terkadang, memberikan terlalu banyak pilihan makanan pada anak bisa membuat mereka bingung dan akhirnya memilih untuk tidak makan sama sekali. Sebaliknya, menu yang terlalu monoton juga bisa membuat anak bosan dan malas makan.

Dengan faktor-faktor di atas, orang tua perlu mencari cara yang efektif dalam meningkatkan nafsu makan anak.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Menghadapi anak yang malas makan memang menantang, tapi ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan nafsu makan mereka:

1. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Buatlah suasana makan yang menyenangkan dan nyaman bagi anak. Hindari memaksa anak untuk makan, karena hal ini bisa membuat mereka semakin malas makan. Cobalah untuk berbicara dengan lembut dan positif, serta memberikan pujian saat mereka mencoba makanan baru.

2. Tetapkan Jadwal Makan yang Teratur

Cobalah untuk menetapkan jadwal makan yang teratur setiap harinya. Ini akan membantu anak mengembangkan kebiasaan makan yang sehat dan mengurangi kebiasaan ngemil di antara waktu makan. Dengan begitu, anak akan lebih lapar saat waktu makan tiba dan lebih bersedia makan dengan baik.

3. Berikan Porsi Kecil dan Bertahap

Alih-alih memberikan porsi besar, cobalah untuk menyajikan porsi kecil terlebih dahulu. Hal ini akan membuat anak merasa tidak terbebani dengan jumlah makanan yang banyak. Jika mereka menyukai makanan tersebut, Anda bisa menambah porsi secara bertahap.

4. Kenalkan Makanan Baru Secara Perlahan

Anak-anak seringkali membutuhkan waktu untuk menerima makanan baru. Kenalkan makanan baru secara perlahan dengan cara menggabungkannya dengan makanan yang sudah mereka sukai. Misalnya, tambahkan sayuran dalam bentuk yang menarik ke dalam hidangan favorit mereka.

5. Gunakan Susu Sebagai Penambah Nutrisi

Jika anak Anda sulit makan, susu bisa menjadi alternatif untuk menambah asupan nutrisi mereka. Susu Morinaga ChilGo! 1+ adalah pilihan yang bagus untuk anak yang susah makan. 

Diformulasikan secara khusus dengan perpaduan nutrisi berkualitas seperti serat pangan inulin, tinggi vitamin A, C, E, dan zinc. Susu ini juga tinggi kalsium dan vitamin D, mengandung minyak ikan, omega 3 & 6, serta 14 vitamin dan 7 mineral yang termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial untuk mendukung daya tahan tubuh serta tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya. 

Dengan harga yang terjangkau, Susu Morinaga ChilGo! 1+ bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sekaligus meningkatkan nafsu makan mereka. Pastikan anak minum susu ini secara teratur sepanjang hari.

6. Ajak Anak dalam Proses Memasak

Mengajak anak terlibat dalam proses memasak bisa meningkatkan minat mereka terhadap makanan. Biarkan mereka memilih bahan-bahan atau membantu menyiapkan makanan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih tertarik untuk mencoba makanan yang mereka bantu buat.

Menghadapi anak yang malas makan memang tidak mudah. Tapi dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi nafsu makan mereka dan mencoba berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makan, orang tua bisa membantu si kecil untuk lebih berselera makan. 

Jangan lupa untuk mencoba Susu Morinaga Chil*Go! 1+ sebagai bagian dari solusi untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang optimal. Dengan pendekatan yang tepat dan penuh kesabaran, kita bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dengan lebih baik!

Posting Komentar untuk "Si Kecil Malas Makan? Yuk Cari Tahu Faktor Penyebabnya!"