Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bulking Sehat yang Bisa Dilakukan

Banyak orang utamanya lelaki yang mempunyai keinginan untuk mempunyai otot sehingga tampilannya lebih bulky. Cara bulking sendiri bisa yang secara instan yang juga digunakan oleh sebagian orang yaitu dengan menggunakan steroid. 

cara bulking sehat
freepik.com

Hal tersebut dipilih karena bisa membentuk otot lebih cepat walaupun tidak sehat. Padahal juga ada cara yang bisa digunakan dengan sehat untuk bisa membentuk otot yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, yaitu dengan:

1. Mengatur Asupan Kalori

Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika akan membentuk otot adalah dengan mengetahui kalori dalam asupan yang dibutuhkan tubuh. Pembentukan otot perlu untuk menambahkan jumlah asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh karena itulah, pertama adalah perlu mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan dalam sehari. Kemudian setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari, maka bisa menambahkannya 10 hingga 20% dari kebutuhan kalori harian tersebut. 

Untuk efek bulking yang diinginkan, Anda perlu menambahkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Perhitungan jumlah kalori asupan setiap harinya tersebut bisa dihitung dengan menggunakan berat badan, tinggi badan, dan juga intensitas berolahraga.

2. Mengatur Makanan yang Dikonsumsi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam proses membentuk otot tubuh adalah selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Ketika ingin membentuk otot tentunya perlu untuk menjaga makanan yang dikonsumsi, seperti dengan menghindari junk food dan lainnya yang membuat otot tidak bisa berkembang seperti yang diinginkan. 

Saat ingin menambahkan asupan kalori yang dipunyai, penting sekali adalah perlu mengetahui jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang bisa dipilih untuk proses bulking adalah jenis real food atau makanan sehat dan menghindari makanan yang tinggi kalori tetapi tidak mempunyai manfaat untuk menambah masa otot. 

Contoh jenis makanan yang bisa dipilih untuk dikonsumsi sebagai cara bulking yang dijalankan adalah berikut ini:

 Konsumsi daging yang memberikan protein yang tinggi sehingga bagus untuk membentuk otot yang diinginkan. Jenis makanan yang bisa dipilih yaitu daging sapi, ayam, telur, dan juga makanan laut yang sehat dan kurangi mengonsumsi bagian yang ada lemaknya.

 Kacang-kacangan juga merupakan jenis selanjutnya yang bisa untuk dikonsumsi seperti jenis kacang kenari dan almond.

 Sumber minyak sehat bisa menjadi campuran untuk salad hingga bahan untuk menggoreng sehingga lebih sehat, yaitu minyak kanola dan minyak zaitun.

 Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk proses bulking adalah apel, nanas, jeruk, apel, alpukat, dan juga masih banyak lainnya.

 Sayuran juga perlu dikonsumsi dengan rutin seperti memilih jenis brokoli, wortel, mentimun, sawi, hingga jamur.

 Biji-bijian juga bisa dikonsumsi seperti oatmeal, sereal, dan quinoa.

 Hindari makanan yang menghambat proses bulking yaitu gorengan dan minuman manis.

3. Perbanyak Karbohidrat

Langkah selanjutnya yang bisa diikuti untuk membentuk otot sehingga badan Anda bisa terlihat lebih bulking adalah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat. Jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk proses bulking adalah yang kaya akan karbohidrat, protein, dan juga lemak sesuai dengan perhitungan pertambahan kalori yang dibutuhkan. 

Porsi makan untuk proses bulking yang bisa diikuti adalah 45 hingga 60% terdiri dari karbohidrat, 30 hingga 35% terdiri dari protein dan 15 hingga 30% terdiri dari lemak. Anda bisa konsumsi bahan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang, ubi, dan juga gandum.

4. Berolahraga dengan Rutin

Langkah terakhir yang tentunya perlu dilakukan untuk membentuk otot adalah dengan rutin berolahraga. Proses olahraga merupakan hal penting karena bisa membuat otot menjadi lebih kuat dan terbentuk. 

Pilih jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membentuk otot yaitu angkat beban, push up, squat, dan juga masih banyak lainnya sehingga bisa membuat otot Anda akan lebih terbentuk dengan optimal.

Bagi yang ingin membentuk otot bisa untuk mengikuti saran dari personal trainer. Cara bulking dengan mentor dari orang yang berpengalaman yaitu personal trainer akan lebih efektif untuk mencapai bentuk badan bulky yang Anda inginkan. 

Latihan di FIT HUB bisa menggunakan jasa dari personal trainer yang profesional untuk bisa memberikan program latihan yang tepat sesuai kebutuhan Anda, termasuk bagi yang ingin bulking up untuk membentuk otot tubuh. Datang dan daftar member di FIT HUB untuk bisa membentuk otot tubuh yang Anda inginkan dengan efektif.

Posting Komentar untuk "Cara Bulking Sehat yang Bisa Dilakukan"