Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips untuk Menjaga Kesehatan bagi Ibu Menyusui dalam Kondisi Tidak Menentu

Menjaga kesehatan bagi ibu menyusui haruslah ekstra hati-hati. Hal ini karena tidak lepas ada bayi yang harus dijaga dan mendapat nutrisi yang cukup.

menjaga kesehatan bagi ibu menyusui
unair.ac.id

Tanda-tanda yang nampak bila ibu kurang baik akan terlihat secara visual. Baik itu energi yang berkurang maupun wajah yang murung karena semangat.

Kesehatan bagi Ibu Menyusui 

Kesehatan bagi ibu menyusui menjadi prioritas dan harus dikedepankan. Terutama bagi mereka yang memiliki bayi kurang dari 6 bulan yang mengonsumsi ASI.

Ingat bayi pada masa itu hanya mendapat nutrisi dari ibu dan belum mendapat makanan penambah. Kualitas ASI pun akan sangat dipengaruhi kondisi ibu baik itu dari sisi fisik maupun psikologis.

Agar kesehatan bagi ibu menyusui tetap optimal maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Nutrisi Seimbang 

Ibu menyusui haruslah mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup. Tidak harus makanan yang mahal dan mewah tapi kandungan gizi haruslah seimbang.

Berbagai nutrisi yang dibutuhkan antara lain protein, kalsium, zat besi, vitamin. Semua itu bisa ditemukan pada daging tanpa lemak, ikan, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar.

2. Cukupi Kebutuhan Air 

Air putih menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Terutama pada mereka para ibu menyusui dimana ada bayi yang juga harus dicukupi.

Air putih / mineral adalah cairan terbaik bagi tubuh. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein dan sejenisnya karena dapat memengaruhi kualitas ASI.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat menjadi salah satu kebutuhan yang harus dicukupi. Terutama pada kondisi yang tidak menentu, bisa jadi tubuh akan mudah lelah. 

Optimalkan saat bayi tidur untuk ambil waktu dan beristirahat. Jangan mencoba menggunakan energi untuk hal-hal yang tidak perlu.

4. Manajemen Stres 

Stres menjadi satu kondisi yang sering kali muncul. Pilih cara paling mudah untuk relaksasi.

Caranya pun mudah, mulai dari mendengarkan musik relaksasi, menonton film drama romantis, menikmati aroma terapi. Selain itu bisa juga melakukan hal-hal lain sederhana yang menenangkan.

5. Konsultasi dengan Ahlinya

Bila dibutuhkan ada baiknya untuk konsultasi mereka yang ahli. Bagi Anda yang ada di kota Tanjung Jabung Timur bisa melakukan konsultasi dengan pafitanjungjabungtimur 

Mereka dengan senang hati akan memberikan saran atau masukan terbaik untuk menjaga bagaimana ibu menyusui tetap sehat meski dalam kondisi tidak menentu.

6. Hindari Paparan Penyakit

Kondisi tidak menentu akan memudahkan seseorang terkena penyakit. Terlebih bila kondisi sedang tidak fit maka tubuh akan mudah terpapar penyakit. 

Menggunakan masker selama beraktivitas diluar rumah menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Selain itu tentu saja jaga jarak dengan pihak-pihak yang sedang sakit terutama batuk, pilek dan flu.

7. Tetap Aktif

Tubuh yang sehat ditandai dengan aktivitas yang baik. Jangan merasa ingin dimanja dan merasa letih, lemah, lesu. 

Bila kondisi ini tercipta dipikiran besar kemungkinan tubuh justru akan drop dan pada akhirnya akan sakit. Aktifitas normal sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap kondisi baik-baik saja.

8. Perhatikan Sinyal Tubuh

Saat tubuh akan sakit maka muncul sinyal yang bisa dirasakan. Sakit tidak muncul secara tiba-tiba dan ada proses yang terjadi. 

Dukungan pasangan sangat dibutuhkan. Peran pasangan juga sangat dinantikan agar tubuh tetap baik-baik saja.

Dengan beberapa tips diatas maka menjaga kesehatan bagi ibu menyusui bukanlah hal yang sulit. Dibutuhkan kerja sama dan ambil peran yang baik diantara pasangan.

Bila kerjasama ini berjalan apik tidak saja berdampak baik bagi ibu tapi juga bagi bayi dan anggota keluarga secara keseluruhan. Sebaliknya bila gagal menjaga kesehatan bagi ibu menyusui maka seluruh pihak akan tidak baik-baik saja.

Posting Komentar untuk "Tips untuk Menjaga Kesehatan bagi Ibu Menyusui dalam Kondisi Tidak Menentu"