Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menjalankan Bisnis Kolam Pemancingan

Saatnya Anda menjadi pionir bisnis kolam pemancingan di daerah Anda! Imbal hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap dapat Anda manfaatkan untuk menjalani bisnis kolam pemancingan ikan air tawar.

bisnis kolam pemancingan
pixabay.com

Hal ini dikarenakan tingginya animo masyarakat akan hobi memancing sekaligus bersantai bersama keluarga. Anda yang tertarik untuk mencoba peluang bisnis kolam pemancingan, patut untuk menyimak pembahasan artikel ini sampai akhir!

6 Tips Jalankan Bisnis Kolam Pemancingan dengan Imbal Hasil Reksadana Pendapatan Tetap

Saat ini, memancing menjadi hobi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya bisnis kolam pemancingan yang dibuka dan selalu banyak pengunjungnya. Alasannya, karena memancing dapat memberikan aktivitas rekreatif bagi orang-orang.

Berbagai pengaruh positif dari aktivitas ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang untuk merintis bisnis kolam pemancingan. Bagaimana tips memulainya? Ikuti ulasannya di bawah ini:

1. Pilih Lokasi Kolam yang Strategis

Bisnis kolam pemancingan membutuhkan lahan luas yang memadai dengan lokasi kolam strategis. Anda wajib tahu setidaknya untuk memastikan berbagai jenis ikan serta tempat yang cukup untuk mewadahinya.

Anda dapat memilih lokasi di pinggiran kota yang mana masih banyak tersedia lahan luas serta lokasi strategis. Membangun kolam pemancingan di lokasi pinggiran kota adalah pilihan yang cukup strategis, yang mana dari segi jarak tidak terlalu jauh dari pusat kota dan kondisi lokasi juga masih natural.

Selain Anda menentukan lokasi pembangunan kolam ikan yang strategis, maka pastikan juga akses menuju kolam pemancingan mudah. Hal ini yang penting untuk dipertimbangkan karena akses yang mudah akan menarik lebih banyak pemancing yang datang.

2. Buat Kolam Pemancingan yang Nyaman

Tips kedua adalah membuat kolam pemancingan yang terjamin kenyamanannya. Selain membuat kolam pemancingan, Anda dapat menambahkan fasilitas utama seperti kanopi, lahan parkir, pos loket hingga toilet umum.

Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut dapat memastikan pengunjung nyaman dan tertib. Anda juga dapat menyediakan berbagai kenyamanan dari sisi pelayanan. Misal, menyediakan tempat sampah di setiap sudut bangunan kolam pemancingan, fasilitas lahan parkir lengkap dengan tukang parkir yang andal.

3. Pilih Jenis Ikan yang Tepat

Setelah kolam pemancingan serta fasilitas utamanya selesai dibangun, maka selanjutnya adalah mengisi kolam pemancingan dengan berbagai jenis ikan. Karena bisnis yang akan Anda jalankan adalah bisnis pemancingan ikan air tawar, maka Anda dapat lakukan riset berbagai jenis ikan air tawar yang diminati banyak orang.

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya orang yang memancing di kolam ikan tidak hanya membutuhkan wisata rekreatif yang murah dan mudah diakses. Tetapi juga keperluan untuk dikonsumsi. Sehingga biasanya pelanggan lebih memilih jenis ikan yang dapat diolah menjadi makanan.

Anda dapat memilih jenis ikan bawal, gurami, ikan nila, ikan lele, ikan patin, ikan mas dan sebagainya. Untuk meminimalisasi modal perawatan, Anda dapat memilih jenis ikan yang mudah perawatannya. Agar lebih jelasnya, Anda dapat lakukan riset terlebih dahulu pada ahli ternak atau pelaku bisnis kolam pemancingan lain yang sudah berpengalaman.

orang mancing
pixabay.com

4. Gunakan Modal dengan Strategis

Tips keempat yaitu menggunakan modal dengan strategis, yang mana tips-tips di atas tidak mungkin terealisasikan tanpa adanya modal. Anda dapat memanfaatkan modal dari imbal hasil Reksadana Pendapatan Tetap.

Jika Anda berinvestasi jenis Reksadana, Anda mendapatkan imbal hasil dalam bentuk persentase (%) yang besarannya disesuaikan dengan kondisi pasar uang.

Reksadana jenis ini merupakan jenis investasi Reksadana yang sebagian besar portofolionya diinvestasikan dalam bentuk obligasi dan surat berharga. Maka dari itu, jika imbal hasilnya Anda gunakan untuk modal bisnis pemancingan, pastikan untuk menggunakannya dengan baik dan strategis.

5. Sempurnakan Fasilitas Kolam

Fasilitas kolam pemancingan seperti toilet, tempat pembuangan sampah, kanopi dan lain-lain merupakan fasilitas dasar yang wajib ada. Namun, agar kolam pemancingan semakin ramai pengunjung, maka Anda dapat menambahkan fasilitas ekstra.

Misalnya, Anda dapat menyediakan fasilitas restoran untuk mengelola langsung ikan hasil pancingan. Lalu, Anda juga dapat menyediakan fasilitas kolam renang dan taman bermain untuk anak dan keluarga pelanggan.

Tujuannya adalah agar pelanggan yang menikmati kunjungan ke kolam pemancingan semakin banyak dan bervariasi. Karena biasanya, pelanggan yang sering mengunjungi kolam pemancingan adalah para bapak yang sedang butuh waktu untuk bersantai.

6. Lakukan Promosi Bisnis Kolam

Tips terakhir adalah lakukan promosi bisnis kolam pemancingan yang Anda miliki. Jika semua tips-tips di atas dijalankan, artinya bisnis Anda sudah siap terbuka untuk umum. Anda dapat melakukan promosi secara offline maupun online.

Memanfaatkan media sosial juga dapat menjadi strategi pemasaran yang tepat. Misal, Anda membuat akun TikTok atau Instagram untuk kebutuhan sounding kepada masyarakat tentang kolam pemancingan yang Anda miliki.

Dari berbagai penjelasan secara detail tentang memulai bisnis kolam pemancingan, Anda dapat menyimpulkan bahwa memulai bisnis ini tidaklah mudah tetapi juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan modal yang cukup serta business plan yang matang.

Imbal hasil Reksadana adalah sumber modal tepat yang dapat Anda gunakan untuk membangun bisnis ini. Untuk mendapatkannya, maka sebaiknya mulai investasi dari sekarang bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Ini merupakan mitra investasi yang menawarkan beragam keuntungan dan kemudahan bagi Anda.

Pengelolaan investasi Reksadana Pendapatan Tetap dari pihak profesional yaitu oleh Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk dapat semakin optimal. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang analisis pasar dan peluang terkini. Selain itu, Anda bisa mengurangi risiko melalui diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Kemudahan berinvestasi dalam satu genggaman! Anda bisa mengandalkan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan investasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures untuk membangun bisnis yang sukses! Informasi lengkap dan cara berinvestasi, klik di sini!

Posting Komentar untuk "6 Tips Menjalankan Bisnis Kolam Pemancingan"