Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Mobil saat ini bisa jadi adalah sebuah kebutuhan pokok. Oleh karenanya menjadi penting pula untuk menjaga kondisi mobil agar tetap baik-baik saja dan selanjutnya menjadi penting untuk memahami tips memilih asuransi mobil.

asuransi mobil
dok astra

Ingat, mobil akan membawa seluruh anggota keluarga. Tak ingin tiba-tiba di jalan mogok atau rusak. Atau lebih parahnya terjadi kecelakaan dan kemudian memaksa merogoh kantong terlalu dalam.

Salah satu metode untuk melindungi mobil agar senantiasa baik-baik saja tentu butuh apa yang namanya asuransi. Dengan cara ini maka akan menghilangkan ketakutan selama perjalanan, bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu akan ada pihak ketiga yang bertanggung jawab.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Memilih asuransi mobil tak jauh beda dengan memilih produk pada umumnya. Di mana pemilik tentu inginkan yang terbaik. Jangan sampai salah pilih dan kemudian akan terjadi penyesalan bila terjadi sesuatu.

Sejatinya ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi mobil. Namun bila digarisbawahi yang pokok akan ketemu sejumlah poin berikut ini.

1. Cek Kebutuhan

Hal pertama yang perlu diketahui saat ini ragam asuransi mobil telah berkembang. Dari yang pada mulanya hanya melindungi mobil dari asuransi kecelakaan kini telah berubah.

Oleh karenanya selain asuransi kecelakaan perlu ditambahkan potensi yang bisa saja terjadi. Yang cukup populer antara lain asuransi dari adanya bencana alam, kerusuhan dan lain-lain.

2. Cek 3 Harga

Hal selanjutnya bila sudah tahu apa yang menjadi kebutuhan maka lakukan cek 3 harga. Tak ada salahnya ketemu 3 atau 4 penyedia asuransi dan bandingkan satu dengan yang lain.

Pada umumnya tidak ada yang benar-benar sempurna dan menjawab semua keinginan. Tapi paling penting kembali pada poin sebelumnya dimana asuransi dapat menjawab kebutuhan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari manfaat, cakupan dan premi yang harus dibayar. Bila perlu buat tabel pembanding agar keputusan lebih akurat.

3. Periksa Reputasi dan Keandalan Perusahaan

Poin selanjutnya yang harus dicek adalah reputasi dan keandalan penyedia asuransi. Jangan pernah pilih yang miliki rekam jejak negatif.

Cara mengetahui pun cukup mudah, di mana kita cukup cek di mesin pencari dan mereka yang bermasalah pada umumnya akan mendapat review negatif dari pengguna. Menjadi penting untuk bijak mencermati informasi yang ada agar jangan sampai salah justifikasi.

4. Perhatikan Deduksi dan Batas Klaim

Setiap produk asuransi sudah pasti ada syarat dan ketentuan dan jangan sekali-kali abai. Ada baiknya dibaca dengan seksama minimal 1 kali terutama berkaitan dengan deduksi atau jumlah yang harus dibayar sebelum asuransi berjalan dan batas klaim atau jumlah maksimum yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi. 

Jangan sampai miss dan menduga semua pengeluaran akan diganti bila ada ketentuan batas penggantian maksimal diberikan pihak asuransi.

5. Periksa Diskon dan Promosi

Dalam satu waktu, perusahaan asuransi seringkali memberikan diskon dan promosi. Tak ada salahnya menggunakan momen tersebut. 

Hanya saja poin-poin sebelumnya tidak diabaikan. Kegiatan ini pada umumnya untuk menggaet calon pengguna baru dan atau menjaga pengguna lama agar tidak putus kontrak.

6. Pertimbangkan Pelayanan Pelanggan

Saat ini seringkali kita temukan mereka yang kecewa saat urus klaim asuransi. Terutama bila layanan pelanggan tidak responsif maka amarah akan semakin menjadi.

Ada baiknya cek atas tes layanan pelanggan yang ada sebelum memutuskan membeli polis secara online. Perusahaan asuransi yang baik akan memperhatikan bagian ini sebaik mungkin karena tak ingin kehilangan pelanggan.

7. Diskusikan dengan Agen Asuransi

Hal klasik yang juga harus dilakukan tentu saja bertemu dengan agen asuransi terkait. Perhatikan dengan seksama apa saja yang harus diketahui karena ketika sudah tanda tangan polis maka dianggap sudah memahami hak dan kewajiban yang akan diterima.

Agen asuransi akan membantu menemukan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa cros check kebenaran yang disampaikan jangan sampai telan mentah-mentah.

Memiliki asuransi mobil yang tepat akan memberi rasa tenang dalam berkendara sepanjang hari. Bila belum memiliki maka segerakan untuk memiliki minimal 1 produk asuransi kendaraan agar 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya"