Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Investasi Reksadana Jangka Panjang Untuk 5 Tahun

Mempersiapkan finansial masa depan merupakan hal wajib yang harus dilakukan, terlebih jika Anda memiliki cita-cita financial freedom. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan investasi. Salah satu instrumen investasi yang memiliki peluang profit jangka panjang yakni Reksadana.

trik investasi reksadana jangka panjang
pexels.com
Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih karena dapat dimulai dengan modal yang terjangkau. Selain itu, instrumen investasi ini juga cenderung memiliki risiko yang minim sehingga sangat cocok untuk persiapan keuangan masa depan.  Maka dari itu, Anda perlu mempelajari cara investasi Reksadana untuk menghasilkan profit yang besar. 

Inilah 5 Trik Investasi Reksadana Jangka Panjang yang Wajib Anda Ketahui

investasi reksadana
pexels.com

Investasi Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang yang dapat membantu mewujudkan goals keuangan masa depan seperti, persiapan dana pensiun, ibadah haji, dana pendidikan anak dan masih banyak lagi. Namun, perlu diingat bahwa investasi Reksadana terbaik tidak bisa sembarang Anda dapatkan.

Anda perlu memilih platform investasi terbaik yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Sehingga, profit yang diharapkan lebih realistis untuk terwujud. 

Kesalahan memilih platform aplikasi investasi dapat membuat kondisi keuangan semakin memburuk. Inilah beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk investasi jangka panjang dengan Reksadana.

Tetapkan Goal Berinvestasi

Sebelum memulai berinvestasi Reksadana sebaiknya tetapkan terlebih dahulu goal atau tujuan yang akan dicapai. Apakah ingin memilih Reksadana jangka pendek atau Reksadana jangka panjang. Untuk investasi Reksadana jangka panjang umumnya digunakan untuk beragam tujuan.

Investasi Reksadana dapat memberikan passive income seperti hasil perolehan bunga, deviden, ataupun bunga sewa. Sehingga, ini dapat menjadi tabungan dalam mempersiapkan tujuan masa depan, seperti dana pensiun, pendidikan anak, dana kesehatan, hingga kebutuhan tersier lainnya.

Lakukan Strategi Diversifikasi

Analogi “jangan menaruh telur dalam satu keranjang, karena jika jatuh akan pecah semua” nampaknya menjadi perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan risiko investasi. Nah, cara investasi Reksadana berikutnya yakni dengan melakukan diversifikasi dalam berinvestasi. 

Anda bisa memilih beragam produk investasi Reksadana terbaik sehingga tidak terlalu menimbulkan risiko kerugian yang besar. Pasalnya, apabila salah satu aset nilainya turun maka tidak akan berpengaruh pada aset lain. Sehingga, menjadi penting untuk meletakkan modal diberbagai macam produk investasi Reksadana, Ingat, jangan menaruhnya pada satu produk saja.

Terapkan Strategi Dollar Cost Averaging (DCA)

Investasi Reksadana terbaik dapat dimulai dengan menerapkan trik Dollar Cost Averaging (DCA). DCA merupakan strategi investasi yang mengharuskan pemilik modal untuk menyetor sejumlah uang dalam kurun waktu tertentu. Misalnya saja, Anda akan berinvestasi 30 juta dalam 5 tahun, maka secara tidak langsung akan berinvestasi 500.000 setiap sebulan selama 5 tahun. 

Karena sifatnya yang rutin, maka strategi ini cocok diterapkan bagi mereka yang memiliki penghasilan tetap. Investasi dengan strategi DCA ini juga relatif aman dari fluktuasi harga dan terhindar dari kerugian besar karena jumlah modal yang disetorkan relatif sama nominalnya.

Lakukan Strategi Buy and Hold

Jika Anda menginginkan investasi Reksadana jangka panjang, maka cara investasi Reksadana bisa dimulai dengan strategi buy and hold. Strategi ini dilakukan dengan membeli investasi (buy) kemudian mendiamkannya tanpa memperhatikan fluktuasi harga di pasar. Tentu, asumsinya akan banyak profit yang dihasilkan. 

Namun, untuk benar-benar memperoleh profit yang maksimal setidaknya Anda perlu melakukan strategi hold and buy selama 15 tahun. Jadi, selama waktu tersebut investasi tidak boleh dilakukan penjualan, pembelian, bahkan pengalihan. Ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki impian jangka panjang.

Perhatikan Market Timing

Cara investasi Reksadana yang tepat yakni dengan melakukan pertimbangan waktu berinvestasi. Anda harus memperhitungkan waktu yang tepat untuk menginvestasikan modal sehingga dapat meraih profit yang menguntungkan. 

Anda juga harus lebih teliti dengan fluktuasi harga di pasar sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat. Harus lebih sabar dan teliti untuk menentukan timing yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Investasi Reksadana Terbaik Bersama digibank by DBS

Setelah memahami cara investasi Reksadana di atas, maka mulailah dengan trik-trik tersebut sehingga dapat meningkatkan profit yang dihasilkan dan mengurangi risiko yang ditanggung. Bersama digibank by DBS, Anda bisa melakukan investasi Reksadana dengan aman dan mudah. 

Berikut ini beberapa keunggulan digibank by DBS yang bisa Anda nikmati

● Mulai investasi dengan modal ringan mulai Rp100 ribu.

● Pembelian berkala Reksadana lebih fleksibel.

● Tersedia 3 kategori Reksadana yakni Reksadana terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.

● Tersedia lebih dari 50 penawaran produk Reksadana

● Ada aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk SID (Single Investor Identification), jual, beli, serta switch Reksadana.

Cara investasi Reksadana terbaik bersama digibank by DBS menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk mempersiapkan keuangan di masa depan. Instrumen investasi ini memiliki risiko yang minim dengan peluang profit yang besar.

Bersama digibank by DBS, Anda akan jauh lebih mudah untuk mengelola keuangan di masa depan secara lebih efektif. Dengan satu aplikasi saja, nasabah dapat mengakses beragam transaksi dengan mudah, cepat dan aman. Informasi lengkap keunggulan digibank by DBS, bisa cek di sini https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana.

Posting Komentar untuk "Trik Investasi Reksadana Jangka Panjang Untuk 5 Tahun"