Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taraf Hidup Meningkat, Begini Cara Hemat Mengelola Gaji

Apakah Anda juga menyadari, bahwa biaya kebutuhan hidup setiap tahunnya mengalami kenaikan? Itulah mengapa, tak sedikit yang kemudian harus bersusah mengatur laju uangnya, agar tidak cepat habis setelah menerima gaji. Salah satu cara yang banyak dipilih adalah dengan memanfaatkan bank digital.

cara menghemat mengelola gaji
pixabay.com
Langkah ini dipilih karena masyarakat harus pandai dalam membuat alokasi pembiayaan. Karena jika tidak, uang gaji yang diterima bisa saja ludes dalam sekejap. Tentu saja gaya hidup yang hemat adalah satu cara untuk menjaga stabilitas finansial. 

Namun, apakah hanya dengan menghemat pengeluaran saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini.

Inilah Cara Hemat Mengelola Gaji

Menghemat uang bukan berarti Anda tidak bisa berbelanja barang lain selain kebutuhan pokok. Mengatur uang dengan baik, akan membantu dalam upaya rencana finansial yang lebih tertata, sehingga diharapkan tidak ada kegiatan pemborosan uang.

1. Membuat Alokasi Kebutuhan Belanja Bulanan

Tanggal gajian umumnya akan selalu sama setiap bulannya. Dengan demikian, maka sebaiknya Anda tidak langsung membelanjakan semua uang tersebut secara impulsif. Buatlah daftar kebutuhan terlebih dahulu. Kemudian, belanjakan gaji tersebut sesuai dengan daftar belanjaan.

2. Menetapkan Skala Prioritas

Dalam mengatur keuangan, Anda bisa menggunakan metode 50:30:20. Maksudnya adalah 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk memenuhi keinginan dan 20% sisanya bisa digunakan untuk keperluan investasi dan menabung. 

Untuk membagi persentase uang gaji seperti ini, Anda bisa menggunakan catatan kebutuhan bulanan tadi.

3. Mencatat Semua Transaksi dengan Teratur

Saat ini, uang gaji umumnya ditransfer langsung ke rekening karyawan. Meskipun Anda akan melakukan transaksi secara virtual, sebaiknya semua pengeluaran dicatat. Termasuk jika membeli barang di marketplace atau makanan dari aplikasi ojek online.

4. Batasi Jumlah Uang Tunai dalam Dompet

Jangan tarik semua uang gaji dari rekening. Sebaiknya ambil dalam jumlah terbatas untuk uang tunai di dompet. Hal ini cukup membantu agar tidak konsumtif saat melihat jumlah uang yang berlebih. 

Sedangkan jika menyukai transaksi virtual, maka bisa membatasi saldo pada dompet digital atau bank digital yang khusus digunakan untuk berbelanja.

5. Evaluasi Pengeluaran secara Berkala

Gaji bulanan yang diterima biasanya dalam jumlah yang sama, kecuali jika ada tambahan upah lembur dan lain-lain. Dengan jumlah yang sama setiap bulannya, cukup memudahkan dalam mengevaluasi kegiatan belanja. 

Evaluasi ini bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan buku khusus catatan keuangan, tetapi jika tidak memungkinkan, maka bisa memanfaatkan berbagai aplikasi bank digital di Indonesia yang telah dilengkapi dengan fitur ini.

6. Memanfaatkan Berbagai Promo

Jangan gengsi untuk menggunakan promo saat berbelanja. Di tanggal-tanggal muda atau akhir bulan yang biasanya dijadikan waktu gajian, sangat mungkin bagi Anda untuk memanfaatkan kesempatan ini. 

Bahkan, tak sedikit perusahaan, supermarket maupun e-commerce yang juga bekerja sama dengan bank digital tertentu untuk memberikan promo besar-besaran pada karyawannya saat tanggal gajian.

7. Tetap Menabung dan Berinvestasi Semampunya

Apakah bisa menabung dengan gaji terbatas? Bisa saja. Salah satunya adalah dengan menggunakan skala prioritas di atas. Tidak perlu menyisihkan nominal yang besar, bahkan 10.000 rupiah setiap bulan dari uang gajian pun tidak masalah. 

Untuk membantu hal ini, Anda bisa memanfaatkan layanan tabungan dari berbagai bank digital di Indonesia.

8. Buat Rekening Khusus untuk Tabungan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rekening yang berbeda. Satu rekening khusus digunakan untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan harian,. Sedangkan satu rekening lain untuk menyisihkan tabungan dari uang gajian. 

Adanya bank digital memudahkan siapapun dalam membuat rekening baru. Hal ini dikarenakan prosesnya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, seperti jika mengurusnya di bank konvensional.

9. Biasakan untuk Hidup Minimalis dan Sederhana

Untuk membantu mendukung gaya hidup minimalis dan sederhana, Anda juga bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki gaya hidup serupa.

Bahkan, bisa saja bersepakat dengan tepat untuk melakukan gerakan hidup hemat, misalkan dengan menabung bersama. Hal ini sangat mudah dilakukan, sebab antara Anda dan rekan kerja mendapatkan gaji di tanggal yang sama.

Bank Digital Terpercaya untuk Solusi Hidup Hemat

dailysocial.id
Anda bisa menemui berbagai bank digital di Indonesia dengan pelayanan dan keuntungan yang berbeda untuk nasabahnya. Untuk itu, sebelum memilih bank digital, sebaiknya mencari tahu dan mengetahui bagaimana kiprahnya di bidang keuangan.

Salah satu bank digital di Indonesia yang bisa dipilih untuk membantu mengatur laju uang adalah digibank by DBS. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena pada tahun 2021, digibank by DBS mendapatkan penghargaan sebagai The Best Full Fledged Digital Banking dari CNBC.

Ini juga bisa dijadikan pertimbangan, bahwa meskipun semua layanan perbankan dilakukan secara virtual, tetapi digibank by DBS tetap berusaha memberikan pelayanan yang prima untuk semua nasabahnya.

Sebagai bank digital di Indonesia yang mendapatkan predikat Asia’s Safest Bank pada 2021, bank digital ini memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

● Memberikan layanan perbankan lengkap, mudah dan terjamin aman

● Terdapat lebih dari 150 pilihan produk investasi dan asuransi

● Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan proses approval 60 detik

● Bunga tabungan tinggi hingga 3% p.a.

● Fleksibel bisa ditarik kapanpun, tanpa tambahan biaya

Dengan adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh digibank by DBS ini, dapat membantu Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan agar tidak cepat habis, hemat bahkan bonusnya bisa tetap berinvestasi meskipun sedikit.

Jadi, apa yang masih ditunggu? Ayo gunakan digibank by DBS sebagai bank digital andalan Anda. Untuk mendapatkan info lebih banyak tentang produknya, silakan klik di sini.

Posting Komentar untuk "Taraf Hidup Meningkat, Begini Cara Hemat Mengelola Gaji"